Kamis, 16 Februari 2012

Mengubah Format Lagu di iTunes



            Dear pembaca, setelah mengenal iTunes 10.5 pada review sebelumnya, kali ini ingin mengulas salah satu fitur  tersembunyi yang dimiliki iTunes, yaitu mengubah format lagu.
Format lagu apa saja yang dapat diubah? Formatnya adalah : MP3, AAC, AIFF, WAV, dan Apple Lossless Encoder.
            Bagi kebanyakan pengguna biasanya paling sering menggunakan format MP3, karena format ini lebih banyak cocok atau kompatible di semua media, dari CD MP3, MP3 Player, DVD Player, PC Tablet dan lain-lain.
Bagaimana cara mengubah atau mengkonversinya? Simak tutorial berikut ini.
*Sebagai contoh tutorial ini mengubahnya ke format MP3.

1.      Pastikan format yang akan diubah.

            Sebelum memulai untuk mengkonversi pastikan Anda mengetahui format file dari lagu-lagu yang akan di konversi. Caranya: Masuk kekategori musik --> gerakkan kursor ke tab Name/Album/Genre --> klik kanan. Maka akan muncul beberapa pilihan, lalu pilihlah kind.
Kind akan menunjukkan jenis dari format lagu tersebut.

2.      Mengatur format yang diinginkan.
Sebelum melakukan konversi, yang harus dilakukan adalah mengatur file yang dinginkan. Sebagai contoh MP3.

Masuk ke Menu Edit --> Preference --> General --> Pilih Import Setting.


Di dalam Import Setting Anda bisa memilih beberapa pilihan format lagu yaitu MP3, AAC, AIFF, WAV, dan Apple Lossles Encoder.
            Dibawahnya terdapat pilihan Setting yang berfungsi untuk mengatur kualitas dari hasil konversi lagu tersebut. Kualitas tersebut biasa disebut dengan istilah Bit Rate. Semakin besar Bit Rate maka akan semakin bagus pula suara dari lagu yang dihasilkan.
            Perlu diingat proses konversi dapat dilakukan pada lagu yang memiliki Bit Rate besar dikonversi ke Bit Rate lebih kecil. Sedangkan lagu yang memiliki Bit Rate kecil dikonversi ke Bit Rate besar pun bisa dilakukan akan tetapi kualitas suara lagu tersebut akan sama atau tidak ada perubahan.



3.      Melakukan Konversi

Tahap terakhir adalah melakukan konversi. Pilih lagu yang ingin dikonversi --> klik kanan --> Create MP3 Version. Maka selesai, lagu yang Anda inginkan sudah berubah formatnya.
Seperti gambar dibawah ini.


Proses Konversi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Hi,, My Name is Ludi Nugroho,, I Born at Jakarta, in April 4th 1989. I am second child from five brothers. And now I'M Working in a Retail Company, and study in Technic Information Faculty of Universitas Budi Luhur Jakarta. I am Just ordinary people who want to share my knowledge for my friends and another people. I Hope my Blog can give You more advantage, and usefull for activity. Thanks a lot For attention and for visiting my Site..